Minggu, 17 April 2011

Ujung Tombak Perubahan

Selama ini keberadaan wanita terlihat lebih sering dikesampingkan. Wanita sering kali di anggap remeh dalam banyak hal, seolah mereka tak pernah benar dalam melakukan sesuatu. Para orang tua juga merasa lebih bangga ketika mereka memiliki anak lelaki dibandingkan anak perempuan.

Kenyataannya, wanita merupakan ujung tombak perubahan bangsa. Wanita –yang nantinya menjadi seorang ibu– merupakan syarat mutlak dari lahirnya seorang anak, walaupun tanpa adanya sosok ayah (lelaki) juga tidak bisa dilahirkan seorang anak. Itulah yang menjadikan mausia sebagai agen perubahan.

Menurut psikologi perkembangan, peranan ibu sangat penting dalam proses pembelajaran anak. Hubungan anak dengan ibunya juga berpengaruh terhadap hubungan anak dengan lingkungannya hingga dewasa nanti. Ibu seolah menjadi sekolah pertama bagi anak-anaknya, karena ibu yang akan pertama kali di contoh oleh anak-anaknya. Dengan begitulah ibu menjadi ‘bintang’ dalam keluarga yang nantinya akan menjadikan anaknya ke arah yang baik atau yang buruk.

Begitulah seorang wanita menjadi tombak perubahan bangsa. Wanita bisa memberikan generas-generasi muda yang tangguh dan berpengaruh untuk masa depan. Jadi, tak ada alasan untuk menatap rendah sosok wanita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar